Rumah Sasongko, Menumbuhkan Ruang Kreatif

Anonim
0


Berbincang mengenai kreativitas, tentu tidak ada batasnya. Bahkan kini ruang tanpa dinding pun, bisa pula disebut sebagai ruang kreatif. Ide atau gagasan apa pun bisa tercetus dan memantik dapur penciptaan kreativitas. Tetapi lain halnya apabila kita berbicara mengenai industri, ada suatu pola yang harus dipenuhi agar dapat tercipta sebuah industri. Proses industri membutuhkan kemampuan manajemen, material produksi, pengetahuan operasional, dan dana produksi. Semua saling berkaitan.

Rumah Sasongko, adalah salah satu platform yang berhasil menggabungkan ruang kreatif dengan proses industri. Budaya yang terbentuk di sini lebih mengarah pada budaya enterpreneurship, di mana masing-masing individu terus mengembangkan kreativitasnya untuk dapat memberdayakan lingkungan sekitar. Ekonomi kreatif diimplementasikan dalam berbagai bentuk yang sebagian besar berupa digital goods dan bersifat intangible. Dari produk ekonomi kreatif inilah kemudian terbentuk industri kreatif atas produk visual berupa ilustrasi, komik, sketsa, dan lain sebagainya.



Kegiatan Forum Nandur Becik Rumah Sasongko
Peran ruang kreatif yang terbentuk pada Rumah Sasongko ini selain untuk internal juga mulai dimanfaatkan oleh beberapa instansi dari luar. Ruang-ruang di Rumah Sasongko dimanfaatkan untuk berbagai acara yang berkaitan dengan tema seni, budaya, dan entrepreneurship. Beberapa acara yang pernah diadakan di Rumah Sasongko adalah acara dari Future Leader Summit mengenai leadership, kemudian kunjungan studi dari mahasiswa Teknologi Informatika Universitas Airlangga Surabaya, dan kunjungan dari pengusaha Saudagar Mulia yang belajar mengenai pengembangan industri digital.

Ruang kreatif berperan penting pada perkembangan suatu usaha. Kreativitas erat kaitannya dengan kenyamanan. Secara sederhana bisa dimengerti bahwa betapa sulitnya seseorang mengeluarkan ide kreatif bila berada pada lingkungan yang kumuh, bising dan tidak tertata. Adanya ruang kreatif yang layak dapat menstimulasi kreativitas dan memicu aktivitas untuk terus produktif sehingga dapat terus mendukung keberlangsungan usaha. Adanya ruang kreatif pun dapat menunjukkan keberagaman latar belakang dan budaya sehingga dapat memunculkan ide-ide baru yang lebih berwarna.




Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
To Top