.......

Kamis, 24 Agustus 2017

Filled Under: , , , ,

Forum nandur Becik #4 : Start-up Life

Enterpreneurship Forum Nandur Becik Gombel Startup Wirausaha

Tren start-up mulai menjamur. Data Techlist seperti dikutip Techinasia menyebutkan pada kuartal pertama 2015 terdapat 93 perusahaan rintisan di Asia Tenggara memperoleh pendanaan, 24 diantaranya merupakan start-up Indonesia dan bertambah menjadi 62 pada akhir tahun. Pencapaian ini rupaya berlanjut di tahun 2016. sejumlah 88 start-up memperoleh pendanaan dari investor bahkan beberapa memperoleh dana fantastis hingga 550 juta US Dollar. Kuartal pertama tahun 2017 sedikir berbeda, walaupun secara nominal investasinya meningkat, namun pendanaan untuk start-up tahap awal justru menurun bahkan beberapa start-up beberapa start-up harus menutup layanannya karena berbagai alasan.

Saat ini banyak Anak muda berlomba-lomba menjadi CEO di start-up yang dirintisnya. Dengan iming-iming investasi menjanjikan, mereka berlari kencang mengeksekusi ide dan gagasannya. Namun tak banyak yang menyadari bahwa proses yang mesti dilalui tidak sebentar apalagi mudah. Wal hasil memasuki tahun kedua, 80% perusahaan rintisan mesti gulung tikar. Menginginkan hasil instan, terburu-buru melakukan penetrasi produk dan layanan, dan tidak fokus menjadi penyebab utamanya. Mereka alfa ada proses pengkristalan mental menjadi pengusaha tangguh yang mesti dilalui. Tidak mudah, tidak sebentar, dan menuntuk fokus serta konsistensi.

Salah satu pegiat start-up yang sudah melalui pasang surutnya kehidupan start-up di Indonesia adalah Aris Hendrawan. Mengawali kiprahnya di dunia start-up pada 2010, Arish bersama rekannya kemudian memantapkan diri untuk membuat start-up pertanian bernama Eragano pada 2014 yang kemudian didapuk sebagai Chief Operation Officer. Tak lama berselang, bisnis yang fokus menawarkan solusi end-to-end untuk petani mendapatkan pendanaan awal miliaran rupiah dari East Venture. Namun Eragano tidak berjalan mulus. Memasuki tahun kedua, Arish mengundurkan diri sebagai COO dan memulai membangun start-up Fintech dengan bendera Qelisa yang saat ini sedang melakukan pengembangan produk dan masih berfokus pada validasi produk.

Forum Nandur Becik episode 4 kali ini menghadirkan Aris Hendrawan. Acara akan dihelat pada 29 Agustus 2017 pukul 15.30 bertempat di Rumah Sasongko, jalan Gotong Royong no. 147 Gombel Lama, Semarang. Bagi para start-up enthusiast, pastikan dirimu hadir di Forum berjejaring ini dengan mengisi daftar hadir di link berikut : s.id/fnb4

Sumber :
https://id.techinasia.com/infografis-87-startup-indonesia-yang-meraih-pendanaan-di-tahun-2016
http://www.tempo.co/read/kolom/2015/10/02/2310/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia
https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/6095/Indonesia+Raksasa+Teknologi+Digital+Asia/0/sorotan_media

rumah sasongko

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Posting Komentar

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business start up:

Copyright © Rumah Sasongko Gombel Semarang™ is a registered trademark.
Designed by Templateism. Hosted on Blogger Templates.