Blockchain Corner : Ini Alasan Kenapa Kita Harus Peduli Pada Perkembangan Teknologi Blockchain

Anonim
0
https://readwrite.com


Blockchain Corner. Fenomena kemunculan teknologi blockchain yang terjadi sekarang ini mirip dengan fenomena internet pada akhir tahun 1980an. Banyak orang yang pesimis dengan kemunculan internet yang dapat mempersingkat jarak dan waktu dalam pengiriman informasi. Bahkan ada pula yang menganggap bahwa itu hanya settingan pemerintah belaka. Tapi bagaimana dengan sekarang? Hampir semua lapisan masyarakat di seluruh belahan dunia bergantung pada teknologi internet. Rasa-rasanya selama 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu kita sudah tidak bisa lepas dengan koneksi internet. Ya bisa dibilang, saat ini semua orang mendapatkan keuntungan dari pemanfaatan internet.


Lalu bagaimana dengan teknologi Blockchain?


Seperti yang telah saya uraikan sebelumnya, teknologi Blockchain merupakan fenomena yang mulai banyak dibicarakan beberapa tahun terakhir ini. Karena ini berkaitan dengan teknologi masa depan maka tentu saja yang banyak mengulik ini lebih dalam ialah orang-orang yang teknologi minded. Tapi mau tidak mau teknologi ini akan dimanfaatkan oleh semua pihak, tak terkecuali anda yang masih awam dengan perkembangan teknologi.


Selama ini pembahasan teknologi Blockchain memang lebih banyak difokuskan pada area perbankan, terlebih karena adanya kemunculan mata uang kripto. Akan tetapi, pada dasarnya teknologi Blockchain mencakup aspek yang lebih luas dari hanya sekedar perbankan. Dapat dibilang, teknologi ini menjadi suatu terobosan baru yang dinantikan banyak orang sebagai pemecahan masalah yang selama ini tidak terpecahkan. Sungguh hebat bukan?


Sadar tidak sadar, pemasalahan yang banyak dialami oleh manusia di Abad ke 21 ini ialah berdasar pada hubungan antar manusia yang sudah tidak lagi saling percaya. Banyak kasus penipuan, penggelapan, dan bentuk kejahatan-kejahatan lain yang ada di sekitar kita dan bahkan terjadi secara global sebenarnya berakar dari krisis kepercayaan antar manusia.


Teknologi Blockchain hadir sebagai solusi dengan menawarkan pertukaran informasi yang lebih aman, transparan dan dengan kesetaraan. Tidak ada pihak yang lebih tinggi atau lebih berkuasa, karena semua yang tergabung di blockchain memiliki posisi yang setara. Tak ada pihak-pihak curang yang akan memanipulasi sistem untuk keuntungan pribadi. Ya, karena sistem Blockchain yang dibangun ini tidak memungkinkan untuk diretas.


Dengan keunggulan teknologi ini, maka saat ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk memahami lebih dalam dan menjadi yang tercepat dalam penguasaanya. Karena semua ini kembali pada era percepatan, siapa yang cepat menguasai maka akan mendapatkan keuntungan lebih dulu. Hal ini bukanlah isapan jempol belaka. Kini sudah banyak anak-anak muda yang menguasai teknologi Blockhain dan mendapatkan keuntungan darinya. Tengok saja Vitalik Buterin, si pembuat  Ethereum yang kini sudah memiliki jutaan dollar di usianya yang baru 24 tahun.


Ya, masa depan ada di tangan mereka yang bergerak cepat.


Jadi, sudah bersiapkah anda menjadi bagian dari teknologi masa depan ini? 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
To Top