.......

Senin, 02 April 2018

Filled Under: , , ,

Blockchain Corner : Bersiap dengan Revolusi Industri Keempat, Blockchain Salah Satunya.

Blockchain Corner Enterpreneurship Gombel Semarang

www.papnews.com

Tak terasa, ternyata kita sudah berada di awal Revolusi Industri Keempat, dimana segalanya sudah berubah serba canggih dan segala lini kehidupan didukung dengan digitalisasi. 

Mari kita flash back sejenak mengingat revolusi industri yang sudah terjadi sekian waktu lamanya.
Revolusi Industri Pertama mengacu pada perubahan besar-besaran yang terjadi di Inggris pada abad ke-18. Dimana segala perubahan ditandai dengan kemunculan mesin. Semua alat produksi manual tergantikan dengan mesin, misalnya seperti mesin yang mengolah kapas menjadi selembar kain. Kemudian Revolusi Industri Kedua ditandai dengan mesin yang bisa bergerak seperti mobil, yang didasari temuan Henry Ford. Dengan andanya kendaraan seperti mobil, tak hanya merevolusi adanya perpindahan barang serta manusia namun juga mempersingkat ruang dan waktu. Dan saat ini ternyata kita sudah mulai memasuki Revolusi Industri Ketiga, dimana segalanya sudah memasuki era digital.

Walau kini kita sudah melalui krisis ekonomi dunia, akan tetapi saat ini kita sedang berada di dalam krisis lingkungan global. Air, udara dan makanan yang kita makan setiap harinya sudah tercemar. Krisis lingkungan tak hanya dialami oleh beruang kutub serta penguin yang mulai terancam karena kepunahan. Namun krisis lingkungan juga dialami oleh lingkungan yang dekat dengan kita. Pembukaan lahan besar-besaran, penambangan minyak, penggalian batu baru dan hal-hal lain yang tak kita sadari keberadaannya sangat berdampak pada kehidupan kita selanjutnya. Dan ini semua sangat berhubungan dengan kepentingan industri dan perekonomian global. 

Sadar tidak sadar untuk mengubah kehidupan menjadi layak kita juga perlu memahami bahwa perubahan visi ekonomi global ke arah yang lebih baik akan merubah segala aspek dalam kehidupan kita. 

Perubahan visi ekonomi global pada Revolusi Industri Keempat, salah satunya yaitu internet of thing. Kini dan tahun-tahun selanjutnya segala hal yang berkaitan dengan internet akan digunakan sebagai media untuk mendapatkan data. Perangkat yang terkoneksi dengan internet akan merekan segala hal yang kemudian dijadikan sebagai data penting. Data-data yang terkumpul tersebut akan digunakan untuk tujuan yang bernilai ekonomi. 

Kini penyebaran informasi bisa dilakukan oleh siapa saja. Tak ada pusat informasi tertentu karena orang mulai menyadari tentang pentingnya sistem informasi yang terdesentralisasi. Kini tak ada informasi yang sifatnya vertikal, namun horisontal. 

Itulah mengapa teknologi Blockchain mulai banyak diminati dan diharapkan menjadi pengganti sistem yang terdahulu. Sistem peer to peer pada teknologi Blockchain memungkinkan setiap orang menjadi lebih produktif dan tidak bergantung pada orang lain sebagai pemegang kekuasaan. Semua hal yang terkait dengan internet of thing pada akhirnya akan berkaitan pula dengan teknologi Blockchain. 

Cepat atau lambat, teknologi Blockchain akan berpengaruh pada pengambilan keputusan setiap orang. Tingkat transparansi dan keamanan yang tinggi memungkinkan adanya peningkatan kolaborasi. 
Mari kita tunggu saja perubahan ini terjadi.






Redaksi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Posting Komentar

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business start up:

Copyright © Rumah Sasongko Gombel Semarang™ is a registered trademark.
Designed by Templateism. Hosted on Blogger Templates.