.......

Minggu, 29 April 2018

Filled Under: , , ,

Blockchain Corner: E-Commerce dan Blockchain

Blockchain Corner Enterpreneurship Semarang Wirausaha
cloudways.com

Semenjak bermunculan situs belanja online seperti BukaLapak, Toko Pedia, Alibaba secara perlahan telah mengubah kebiasaan kita dalam berbelanja. Banyak dari kita kini memilih berbelanja online melalui telepon genggam daripada harus capek menuju pusat perbelanjaan. Selain berbelanja dengan cara yang mudah, harga yang lebih murah serta berbagai macam produk yang tersedia juga menjadi salah satu keunggulannya. Mau cari barang apa saja ada dan tentunya kita sebagai konsumen dapat memilih harga sesuai dengan kemampuan.

Tentunya semakin berkembangnya teknologi, para pelaku eCommerce juga pula membuka diri agar tetap bisa terus berinovasi. Seperti pada perkembangan teknologi blockchain.
Penggunaan teknologi blockchain pada platform eCommerce tak hanya sebatas pada penggunaan bitcoin atau ethereum dalam metode pembayarannya, namun bisa lebih dari sekedar itu. Yang jelas, saat eCommerce muai memanfaatkan teknologi blockchain, maka biaya akan semakin murah karena sudah tidak ada lagi pihak ketiga.

Selama ini, eCommerce masih menggunakan pihak ketiga seperti Bank atau PayPal yang tentunya dalam setiap transaksi ada tambahan biaya yang harus dibayarkan. Dengan menggunakan teknologi Blockchain maka hal tersebut dapat dihindari. Tak perlu lagi ada pihak ketiga, sebab antara penjual dan pembeli sudah memiliki dompet digital masing-masing.

Disisi lain, ada hal-hal yang mungkin akan membuat para pelaku eCommerce tidak mau menggunakan teknologi blockchain, yaitu karena faktor transparansi. Seperti pembahasan sebelumnya, bahwa salah satu keunggulan teknologi blockchain yang kurang disukai beberapa pihak ialah soal transparansinya. Ya, blockchain sangat menjamin adanya visibilitas data. Bagi para pelaku eCommerce tentu hal ini sangat dihindari, sebab data-data yang didapatkan bisa digunakan oleh kompetitor.

Sebenarnya, teknologi blockchain yang sarat dengan transparansi akan membantu semua pihak untuk menuju pada keadilan bersama, tak terkecuali para pelaku eCommerce. Bila teknologi blockchain diaplikasikan secara benar dan tepat justru dapat membantu memajukan eCommerce dalam bidang pemasaran dan pengembangan. Misalnya seperti adanya program cashback dengan menggunakan mata uang digital yang dapat dibelanjakan di tempat lain. Tentunya pelanggan akan semakin loyal dan mengajak orang lain untuk ikut bergabung pada program cash back yang dijalankan.
Seiring dengan berjalannya waktu dan semakin banyak para pelaku eCommerce terbuka terhadap kehadiran teknologi masa depan ini pastinya akan bermunculan berbagai program di platform eCommerce. Dan yang pasti untuk tujuan keuntungan bersama.



Redaksi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Posting Komentar

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business start up:

Copyright © Rumah Sasongko Gombel Semarang™ is a registered trademark.
Designed by Templateism. Hosted on Blogger Templates.