.......

Kamis, 22 Maret 2018

Filled Under: , , ,

Blockchain Corner : Istilah - Istilah Blockchain Yang Perlu Dipahami

Blockchain Corner Enterpreneurship Gombel Semarang
www.logisticsbureau.com
Blockchain mungkin merupakan satu hal baru yang masih awam terdengar di telinga kita. Belum banyak literatur mengenai Blockchain dalam Bahasa Indonesia. Banyak istilah-istilah yang masih diserap menggunakan Bahasa Inggris, dan untuk mempermudah dalam mempelajarinya berikut adalah rangkuman glosarium istilah-istilah teknologi Blockchain yang seringkali ditemui:


51% Attack
Adalah sebuah keadaan ketika lebih dari separuh daya komputasi dari jaringan cryptocurrency dikendalikan oleh satu entitas atau grup, yang mana entitas atau grup ini dapat berpotensi untuk melakukan transaksi yang bertentangan untuk membahayakan jaringan.

Address atau Alamat
Alamat cryptocurrency atau uang digital yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima transaksi dalam jaringan. Sebuah alamat biasanya berupa alfanumerik atau gabungan antara huruf dan angka yang unik.

Altcoin atau Koin Alternatif
Adalah mata uang digital (cryptocurrency) yang lain selain Bitcoin

ASIC
Singkatan dari “Application Specific Integrated Circuit”, yaitu sirkuit untuk melakukan pertambangan dan menawarkan penghematan daya yang signifikan apabila dibandingan dengan GPU.

Bitcoin
Adalah mata uang digital yang menggunakan teknologi terdesentralisasi pertama kali, Cryptocurrency dengan sumber yang terbuka untuk umum (open source) yang berjalan dalam jaringan peer to peer global tanpa memerlukan perantara dan/atau penerbit yang terpusat.

Block atau Blok
Adalah paket data yang membawa data-data yang tercatat secara permanan pada jaringan blockchain.

Blockchain
Adalah buku besar bersama (general ledger) dimana transaksi dicatat secara permanen dengan menambahkan blok-blok. Blockchain berfungsi sebagai catatan sejarah semua transaksi yang pernah terjadi, mulai dari blok awal mula sampai dengan blok-blok terakhir, oleh karena itu disebut blockchain atau rantai blok.

Block Explorer
Adalah sebuah alat yang tersedia dalam jaringan (online) yang berfungsi untuk melihat semua transaksi yang pernah terjadi pada blockchain. Alat ini memberikan informasi yang berguna sebagai tingkat hash jaringan dan pertumbuhan transaksi

Block Height atau Ukuran Blook
Mengacu kepada jumlah blok-blok yang terhubung pada blockchain.

Block Reward atau Hadiah Blok
Adalah sebuah insentif yang diberikan kepada penambang yang berhasil menghitung hash pada blok selama proses penambangan. Verifikasi transaksi pada blockchain menghasilkan koin-koin baru pada prosesnya dan para penambang tersebut diberi imbalan atau insentif dari sebagian jumlah tersebut.

Central Ledger atau Buku Besar
Adalah buku besar seperti halnya yang dimiliki oleh bank-bank atau agen pusat. Dalam hal blockchain buku besar didistribusikan atau disentralisasi dan tidak dikuasai oleh suatu entitas atau korporasi

Confirmation atau Konfirmasi
Adalah sebuah tindakan untuk menyatakan keberhasilan suatu proses transaksi dan menambahkannya ke blockchain.

Consensus atau Konsensus
Yang disebut konsensus adalah suatu kondisi yang tercapai ketika semua peserta dalam jaringan menyetujui validitas sebuah transaksi yaitu dengan memastikan bahwa apa yang tercatat dalam buku besar sudah sesuai dan tepat satu sama yang lain.

Cryptocurrency atau Mata uang digital
Adalah representasi aset digital, biasanya disebut dengan token atau coin.

Dapp
Adalah aplikasi yang terdesentralisasi (decentralized application) yang bersifat open source, beroperasi secara mandiri yang data-datanya tersimpan pada blockchain, diberi insentif berupa token kriptografi dan beroperasi pada protokol yang menunjukkan bukti nilai.

DAO
Adalah organisasi otonomi terdesentralisasi (Decentralized Autonomous Organization) yaitu sebuah organisasi yang dapat diasumsikan sebagai bentuk kontrol terhadap peraturan bisnis dalam jaringan blockchain yang tidak dapat rusak atau korup.

Distributed Ledger/Buku Besar Terdistribusi
Adalah buku besar di mana data-data disimpan dalam jaringan simpul yang terdesentralisasi. Buku besar terdistribusi ini tidak harus memiliki mata uang sendiri dan dimungkinkan untuk bersifat privat atau dengan mekanisme perizinan.

Distributed Network/Jaringan Terdistribusi
Adalah jenis jaringan dimana daya dan data pemrosesan tersebar dalam nodes atau simpul dalam jaringan blockchain, kebalikannya dari sistem pusat data (data center) yang terpusat.

Digital Signature atau Tanda Tangan Digital
Adalah sebuah kode digital yang dihasilkan dari enkripsi kunci publik yang dilampirkan pada suatu dokumen yang dikirimkan secara elektronik untuk memverifikasi isi dan identitas pengirimnya.

Double Spending atau Pengeluaran Ganda
Adalah pembelajaan ganda yang terjadi ketika sejumlah uang dihabiskan lebih dari satu kali.

Ethereum
Adalah platform desentralisasi berbasis blockchain untuk aplikasi yang menjalankan smart contract atau kontrak cerdas dan ditujukan untuk memecahkan masalah yang terkait dengan penyensoran, kecurangan dan gangguan pihak ketiga.

EVM atau Ethereum Virtual Machine

Adalah mesin virtual yang lengkap dan memungkinkan seseorang untuk mengeksekusi kode Byte EVM yang berubah-ubah. Setiap node atau simpul yang terjadi pada Ethereum berjalan di EVM untuk mempertahankan konsensus di blockchain.

Fork
Adalah versi alternatif dari blockchain, yaitu pembagian yang memisahkan dua blockchain untuk berjalan bersamaan pada berbagai bagian jaringan.

Genesis Block
Adalah kumpulan blok-blok awal atau pertama dalam sebuah blockchain.

Hard Fork
Adalah jenis pemisahan yang membuat transaksi yang sebelumnya tidak valid menjadi valid, dan begitu pula sebaliknya. Jenis pemisahan ini mengharuskan semua node dan pengguna untuk meng-upgrade ke versi terbaru dari protokol sebuah perangkat lunak.

Hash
Adalah sebuah proses matematis yang mengambil sejumlah variabel data dan menghasilkan output yang lebih pendek, dengan panjang yang sudah ditentukan. Fungsi hashing memiliki dua karakteristik penting. Pertama, secara matematis sulit untuk mengetahui apa input asli dengan melihat outputnya. Kedua, mengubah bahkan bagian terkecil dari input akan menghasilkan output yang sama sekali berbeda. Hash ini digunakan untuk mengkonfirmasi transaksi-transaksi koin.

Hash Rate
Adalah pengukuran kinerja untuk pertambangan cryptocurrency yang dinyatakan dalam hash per detik.

Mining atau Pertambangan
Adalah tindakan untuk memvalidasi transaksi dalam jaringan blockchain. Perlunya validasi menjamin insentif bagi para penambang, biasanya dalam bentuk koin. Dalam gegap gempita kriptocurrency ini, penambangan bisa menjadi bisnis yang menguntungkan bila dilakukan dengan benar.

Node atau Simpul
Adalah salinan buku besar yang dioperasikan oleh peserta dalam jaringan blockchain.

Nonce
Adalah sebuah angka tak tentu yang dimasukkan ke dalam data sebelum data di-hash pada proses verifikasi. Mengubah nonce yang ada akan menghasilkan hash value yang sangat berbeda

Oracles
Adalah sebuah media yang bekerja sebagai jembatan antara dunia nyata dan blockchain dengan menyediakan data untuk kontrak cerdas atau smart contract.

Peer To Peer (P2P)
Adalah interaksi-interaksi terdesentralisasi antara dua pihak atau lebih dalam suatu jaringan yang saling berhubungan. Peserta jaringan P2P saling berhadapan satu sama lain melalui satu titik mediasi.

Private Key atau Kunci Pribadi
Adalah serangkaian data alfanumerik yang memungkinkan Anda mengakses token di dompet tertentu. Kunci tersebut bertindak sebagai password yang tersembunyi dari siapapun kecuali pemilik alamat dompet.

Proof of Stake atau Bukti Kepemilikan
Adalah algoritma distribusi konsensus yang memberi penghargaan atas penghasilan berdasarkan jumlah koin yang Anda miliki atau pegang. Semakin banyak Anda berinvestasi di koin, semakin Anda peroleh dengan cara menambang dengan protokol ini.

Public Key atau Kunci Publik
Adalah serangkaian data alfanumerik yang menjadi pasangan dari Private Key dan berfungsi sebagai kode yang memungkinkan penambang untuk memverifikasi kebenaran data yang ada.

Smart Contract atau Kontrak Cerdas
Adalah sebuah catatan, sertifikat, atau surat kontrak yang mengubah aturan bisnis dalam bahasa kode yang dapat diprogram ke dalam blockchain dan diberlakukan oleh para pengguna jaringan

Soft Fork
Soft Fork berbeda dari Hard Fork karena Soft Fork hanya memberi perubahan validitas suatu transaksi. Soft Fork pada dasarnya adalah perubahan protokol di mana suatu cryptocurrency yang awalnya valid diubah menjadi tidak valid. Jenis fork ini mengharuskan sebagian besar penambang melakukan upgrade untuk melakukannya, sementara hard fork mengharuskan semua node atau penambang menyetujui adanya bentuk cryptocurrency yang baru.

Wallet atau Dompet

Adalah sebuah metode untuk menyimpan koin digital untuk digunakan di kemudian hari. Sebuah wallet pasti memiliki private key atau kunci privat yang terkait dengan alamat tertentu. Rantai blok merupakan catatan jumlah coin yang terkait dengan alamat-alamat tersebut. Untuk melakukan transaksi koin seseorang diwajibkan untuk memiliki dompet ini terlebih dahulu.



Sekian beberapa istilah-istilah yang mungkin Anda temui pada literatur mengenai teknologi Blockchain. Semoga bermanfaat ya!





Redaksi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Posting Komentar

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business start up:

Copyright © Rumah Sasongko Gombel Semarang™ is a registered trademark.
Designed by Templateism. Hosted on Blogger Templates.